Surat Keterangan Sakit dari Dokter

bahomeandbusiness.com – Ketika Anda sakit dan sedang bekerja atau bersekolah, maka Anda pastikan membutuhkan surat keterangan untuk sakit dalam meyakinkan guru/atasan Anda bahwa benar sedang sakit. Orang menyebutnya dengan surat sakit, surat dokter, surat izin sakit dan lainnya. Surat ini sebagai pemberi keterangan tentang kesehatan Anda yang terganggu. 

Membuat Surat Sakit untuk Pekerjaan 

  1. Isi formulir isian yang disediakan perusahaan. Untuk Anda yang mengalami sakit selama 7 hari atau kurang Anda lakukan pengisian formulir isian untuk diarsipkan di perusahaan. Biasanya formulir ini isinya mengenai data penyakit Anda saat ini, tanggal sakit serta sembuh. 
  2. Meminta surat pada dokter jika sakit Anda lebih dari 7 hari. perusahaan akan  meminta surat dari Anda yang menyatakan bahwa Anda dalam kondisi sakit di dokter. Setiap perusahaan memiliki perbedaan kebijakan, jika Anda belum mengetahui kebijakan perusahaan maka Anda perlu bertanya pada bagian SDM perusahaan. 
  3. Konsultasi dengan dokter dan buat janji temu untuk pemeriksaan. Untuk mendapatkan surat Anda sakit, Anda perlu memiliki tanda tangan resmi dan cap dokter. Pemberian surat akan diberikan setelah adanya pemeriksaan penyakit yang Anda derita. Dokter akan memeriksa berupa gejala yang Anda rasakan. Surat berisi mengenai keterangan :
  1. Tidak mampu bekerja dalam beberapa waktu 
  2. Tanggal Anda masuk kerja setelah sehat 
  3. Saran dokter seperti Anda  bekerja dengan tetap meminum obat yang diberikan. 
  1. Datangi rumah sakit. Untuk menerima perawatan lebih baik, Anda bisa mendatangi rumah sakit dan melakukan rawat inap. Anda akan mendapatkan surat dari rumah sakit mengenai Anda yang dirawat inap. 

Surat Sakit untuk Sekolah 

  1. Minta tolong kepada orang tua untuk membuat surat ke sekolah. Beberapa sekolah masih menerima surat seperti dokter. Sehingga Anda bisa meminta ke oang tua untuk menulis  surat ditujukan pada sekolah. Jika tidak ada orang tua bisa dengan wali Anda. Surat ditujukan pada wali kelas  atau guru yang mengajar di hari itu. 

Baca Juga : Kucing Anda Mau Melahirkan? Ketahuilah Ciri-cirinya Secara Akurat Berikut Ini

tulis surat dengan jelas, seperti terdapat tanggal pengiriman, tujuan surat, beserta keterangan kesehatan. jangan lupa untuk menambahkan tanda tangan pada akhir surat dan masukan ke dalam amplop. 

  1. Minta ke dokter untuk diberikan pada sekolah. Jika Anda telah melakukan pemeriksaan, maka mintalah surat pada dokter dengan tujuan guru di sekolah. Ada guru yang tidak mudah percaya jika hanya melihat surat dari orang tua. maka Anda bisa menggunakan surat resmi ini untuk keterangan sakit. waktumain
  2. Berikan kontak dokter yang memeriksa Anda pada guru. Sekolah perlu memastikan bahwa surat yang diberikan benar berasal dokter. Untuk itu Anda beri kontak dokter bersangkutan kepada guru. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *