Tips Dan Trik Memahami Teks Secara Mudah

bahomeandbusiness.com – Membaca dan memahami informasi dalam teks terkadang terasa sulit bagi sebagian orang. Hal ini tentu saja berkaitan dengan pemahaman informasi, fokus dan bobot bacaan. Bila Anda masih sering kesulitan memahami sebuah bacaan, jangan bersedih karena ada cara memahami teks dengan mudah. Tentu saja cara ini harus terus diasah hingga Anda terbiasa dan lebih fokus dalam mencerna kalimat. 

Tips Memahami Teks Secara Mudah

Ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba sebagai cara memahami bacaan:

1. Membaca dengan teks sekilas

Anda dapat menggunakan waktu sekitar 1 hingga 2 menit untuk membaca teks secara sekilas. Anda dapat mengamatinya dan menemukan informasi penting di dalamnya. Hal yang perlu diamati adalah urutan kejadiannya, kosep yang perlu dipahami dan juga fakta di dalamnya. 

2. Fokus

Berfokuslah pada pertanyaan yang diberikan sehingga di dalam pikiran Anda sudah tersetting tentang informasi apa yang akan dicari dan sesuai jawaban. Metode ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang masih bersekolah ataupun kuliah saat menghadapi ujian atau soal. Ingatlah detail informasi yang cocok sebagai jawabannya sehingga Anda dapat menjawab dengan mudah. 

3. Mengetahui topik yang dibahas

Jika Anda hanya memerlukan informasi tentng sebuah topik, berarti Anda cukup membaca bagian tersebut saja tanpa perlu mempelajari yang lainnya. Hal ini akan menghemat waktu Anda dalam memahami karena terfokus pada topik yang spesifik. 

4. Menandai informasi penting

Menandai informasi yang penting dalam teks bisa Anda lakukan dengan menggunakan highlighter ataupun menggaris bawahinya dengan pulpen. Tanda ini akan memudahkan Anda mencari lagi informasi penting yang sudah dipelajari atau dibaca. Tentu saja informasi ini merupakan point-point penting yang nantinya dapat dirangkum dengan lebih mudah. 

Agar dapat menggali informasi lebih dalam, Anda bisa menggunakan dua jenis penanda. Misalnya saja memakai highlighter warna hijau untuk informasi penting dan highlighter pink untuk memberi tanda hal yang belum dipahami. Jadi Anda tidak perlu mengulur waktu untuk membaca lagi keseluruhan teks. 

5. Merefleksikan materi

Setelah Anda melakukan aktivitas membaca, Anda jangan langsung melakukan aktivitas yang lainnya karena informasinya baru tersimpan di memori jangka pendek. Refleksikan terlebih dahulu materi yang sudah Anda baca agar lebih paham dan hafal dengan informasi di dalamnya. 

Selain itu Anda bisa membaca lagi teks tersebut dalam kurun waktu 24 jam agar lebih paham. Langkah ini dipercaya sebagai cara yang paling tepat untuk menyimpan informasi. Nantinya dari memori jangka pendek akan tersimpan ke memori jangka panjang. 

6. Segera mengerjakan tugas

Bila Anda mendapatkan tugas, kerjakanlah sesegera mungkin setelah selesai membaca teks. Jika Anda menundanya dan menyelinginya dengan kegiatan lain, memori yang tersimpan akan terhapus. Mau tidak mau Anda harus mengulangi membaca lagi dan itu sangat tidak efektif. 

Baca Juga : Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Sebelum di Backup

Cobalah cara memahami teks dengan mudah sesuai dengan kebutuhan Anda agar tujuannya tercapai dengan sempurna. Hal ini perlu dilatih agar nantinya Anda dapat mengasah fokus Anda saat membaca. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *