Kucing Anda Mau Melahirkan? Ketahuilah Ciri-cirinya Secara Akurat Berikut Ini

bahomeandbusiness.com – Ciri-ciri mau melahirkan yang akurat pada peliharaan kucing terkadang perlu dikenali supaya para pemelihara dapat menyiapkan peralatan serta kebutuhan perawatannya lebih awal. Apabila Anda termasuk orang yang memelihara kucing berjenis kelamin betina maka mengidentifikasi tanda-tanda persalinannya penting untuk diketahui.

Seperti halnya manusia, kucing juga akan memberikan tanda ketika hendak melakukan proses melahirkan. Seperti apa ciri-cirinya? Mari simak informasinya sebagai berikut!

Bagaimana Cara Mengetahui Tanda-tanda Mau Melahirkan Sudah Dekat Pada Kucing?

Terkadang karena disibukkan dengan berbagai aktivitas, kita lupa atau bahkan tidak menyadari gejala yang muncul pada meong ketika menjelang persalinan. Ada berbagai macam tanda atau gejala ketika si meong akan melahirkan anak-anaknya, berikut ini adalah cara mengidentifikasi tanda-tandanya.

  1. Amatilah perilaku indukan meong bila sudah mulai sering mencari tempat untuk dijadikan lokasi persalinannya. Secara umum, kucing akan mencari tempat tersembunyi dan tak banyak orang ketahui, seperti di balik almari.
  2. Amatilah perubahan tingkah lakunya. Biasanya menjelang melahirkan, indukan akan jadi lebih manja dan suka didekati. 
  3. Ketika mendekati proses kelahiran, nafsu makan induk bisa berkurang dan bahkan terkadang tidak mengonsumsi apapun yang disediakan pemiliknya.
  4. Karena kondisi fisiologinya berubah maka perilakunya pun sedikit banyak akan berubah ketika akan melahirkan. Kucing biasanya mulai menjilati atau membersihkan area genitalnya disebabkan adanya perubahan fisiologis tersebut.
  5. Ukuran puting payudara maupun kelenjar susu kucing akan semakin membesar.
  6. Amatilah pola pernapasannya. Semakin mendekati masa persalinan biasanya ritme napasnya akan semakin memburu dan terengah-engah.
  7. Sesekali cobalah pegang perut kucing dan rasakan apakah ada ketegangan pada bagian tersebut. Apabila induk terlihat mengejan ada probabilitas bahwa dia mengalami kontraksi.
  8. Secara umum, menit-menit menjelang persalinan, si meong akan mengeluarkan cairan yang mirip seperti urinnya.
  9. Pantaulah perubahan suhu tubuhnya. Biasanya suhu tubuh induk berangsur menurun ketika mendekati hari persalinannya.

Bagaimana Cara Membantu Prosesi Persalinan Kucing?

Nah, apabila setelah melakukan identifikasi dan Anda menyepakati tanda-tanda di atas maka tidak ada salahnya untuk memberinya bantuan serta perawatan ketika prosesi melahirkan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Sediakanlah kain atau handuk pada lokasi yang dipilih induk untuk membuatnya lebih terasa nyaman nantinya.
  2. Siapkanlah kandang yang lebih nyaman untuk induk beserta anak-anaknya nanti.
  3. Berikan asupan makanan bernutrisi untuk induknya agar bisa menambah energinya saat persalinan nanti.
  4. Bila perlu, bantulah induk untuk memotong bulu-bulu di sekitar alat kelamin dan putingnya.
  5. Jagalah jarak dengan induk saat hari kelahiran anak-anaknya semakin dekat.
  6. Amatilah proses persalinannya secara hati-hati, serta perhatikan apakah ada masalah atau kendala pada indukan saat berusaha mengeluarkan anak-anaknya.
  7. Pastikan plasenta setia anak tidak tertinggal di dalam rahim induk. Hal ini bisa menyebabkan adanya infeksi.
  8. Bantulah membersihkan bekas kotoran pasca melahirkan.

Baca Juga : Tips Dan Trik Memahami Teks Secara Mudah

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri mau melahirkan yang akurat pada si meong. Apabila peliharaan Anda sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tersebut maka sudah saatnya menyiapkan segala kebutuhan dan perawatan untuk si induk beserta anak-anaknya. Bila Anda mengalami kendala dan indukan memberikan tanda-tanda tidak wajar, segera hubungi dokter hewan terdekat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *