Cara yang Mencantumkan Daftar Pustaka Dari Internet

bahomeandbusiness.com – Bagi pelajar yang sedang menulis karya ilmiah, skripsi, thesis, maupun desertasi, kehadiran daftar pustaka (Dapus) sangatlah penting agar pembaca mengetahui sumber tulisan yang ditulis 

Meskipun banyak orang yang mencari sumber referensi tersebut, ternyata masih banyak dari mereka yang masih binggung bagaimana cara menulisnya. Setidaknya, ada beberapa acuan standar yang digunakan untuk menyusunnya, mulai dari APA, MLA, dll. Nah, mari simaklah ulasan berikut ini;

Mencari Referensi Dari Website

Untuk menulisnya, ada beberapa format yang ingin Anda gunakan, tergantung dengan jenis Dapus yang digunakan. Pada prinsipnya, Dapus terdiri dari Nama penulis, judul tulisan, tahun penerbit, serta identitas penerbit.

  • Format APA

Gaya penulisan American Psychological Association (APA) paling banyak digunakan di dunia akademisi dalam bidang psikologi.

  • Mengutip Dari Satu Penulis.

Caranya;

Cantumkan Nama Belakang, Nama Depan. (Tanggal publikasi) (jika tidak ada tulis (“n,d”)). Judul halaman. Judul situs. Tanggal mengakses, dari alamat web. 

Contoh:

(catatan: ini bukan situs sungguhan hanya contoh)

  • Dengan Dua Penulis Atau Lebih

Pada format ini, Pastikan Anda menggunakan tanda “&”, jika ada enam atau lebih dari penulis, gunakan “et al”).

Contoh;

  • Damono, S. D & Effendi, S. (1979). Sosiologi sastra: Sebuah pengantar ringkas. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Mengutip Dari Situs Berita 

Formatnya:

  • Format MLA

Format penulisan jenis Modern Language Asssociation (MLA) ini terdiri dari judul artikel. Nama website. Tanggal menulis artikel. Waktu akses. Alamat website lengkap. Contohnya;

  • Format MHRA

Selanjutnya, mencantumkan daftar Pustaka dengan metode Modern Humanities Research Association (MHRA). Susunannya meliputi, Nama website. “Judul artikel”. Deskripsi website. Tanggal artikel. <alamat website (URL)>. [Waktu diakses]. Contohnya:

Baca Juga : Lari Jarak 100 Meter Termasuk Lari Jarak

  • Format CSE 

Council of Science Editors (SCE) adalah metode lain cara menulis daftar Pustaka, tersusun dari Nama website, judul artikel [internet], deskripsi website, tanggal dibuatnya artikel. [waktu diakses], URL lengkap. Contoh penulisannya:

  • Dari Email

Disamping cara diatas, Anda juga bisa menulisnya dari sumber Email. Cara menulisnya;

Liputan6.com. “4 Ciri Pengidap Asma Yang Pelu Diketahui”. [email protected] (diakses pada Maret 2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *