Lari Jarak 100 Meter Termasuk Lari Jarak

bahomeandbusiness.com – Olahraga lari jarak 100 meter adalah jenis olahraga lari dengan jarak pendek. Sprint 100 meter merupakan salah satu olahraga atau lomba lari yang paling banyak dilaksanakan, dan bisa diikuti oleh siapa saja. Karena lari 100 m ini termasuk jarak yang pendek dalam dunia olahraga lari. Walaupun jaraknya pendek, tetap diperlukan latihan dan juga kerja keras yang tak henti dalam melakukannya.

 

Banyak juga hal-hal yang harus Anda persiapkan ketika akan melakukan lari 100 m ini. Karena banyak orang yang mengikuti lomba lari ini tetapi tanpa persiapan yang matang, sehingga mereka pun mengalami kekalahan atau kelelahan sebelum mencapai garis finis. Namun dengan persiapan yang tepat maka Anda akan memungkas beberapa detik waktu lari dari jumlah skor final.

 

Cara Melakukan Lari pada Jarak Pendek dengan Jarak 100 Meter

Seperti yang sudah dibahas tadi bahwa lari 100 meter disebut dengan lari dengan jarak yang pendek. Namun, Anda harus tahu cara melakukan lari ini setelah sebelumnya mempersiapkan fisik dan kesehatan dengan baik. Berikut tata cara lari yang tepat pada jarak 100 m:

  1. Melakukan Cara Start yang Baik

Salah satu lomba atau kompetisi lari yang satu ini biasanya ditentukan dari awal start. Apabila Anda terlalu meleset ke depan kemudian tersandung, maka kemungkinan besar Anda tak akan bisa mengejar mereka. Maka lakukanlah permulaan lari dan memberikan apa yang dibutuhkan di awal. Serta memperoleh catatan waktu yang tentu saja tak akan mengecewakan.

  1. Menegakkan Tubuh Selama Berlari

Jika Anda memulai lari tapi postur tubuh yang membungkuk, maka posisi tubuh Anda akan terus seperti itu selama berlari. Padahal jika postur tubuhnya membungkuk maka kecepatan akan melambat, bahkan posisi itu berisiko membuat Anda jatuh dan membuat Anda cedera.

  1. Menggenjot Kecepatan di Pertengahan Lomba Lari

Banyak orang yang akan mulai kehilangan tenaga di pertengahan lomba. Biasanya karena mereka terlalu banyak mengeluarkan tenaga di awal. Anda bisa memanfaatkan hal itu dengan mulai menggenjot kecepatan di tengah-tengah. Jika sudah mulai terasa lelah, lihatlah garis finis dan menjadikannya sebagai motivasi supaya Anda tetap fokus pada garis finis tersebut.

  1. Mendorong Tubuh ke Depan Secara Mendadak Menjalang Garis Akhir

Dorong tubuh Anda ke depan menjelang sampai di garis paling akhir. Jika kemampuan berlari Anda semakin baik maka kemampuan Anda dalam menentukan kapan saatnya menerjang ke depan di garis paling akhir akan menjadi semakin baik.

  1. Hindari Masalah yang Umum Terjadi

Banyak masalah yang umum terjadi pada olahraga ini. Maka sebaiknya hindari masalah-masalah itu supaya Anda bisa memangkas beberapa detik yang krusial di akhir dengan catatan waktu yang baik.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kedalaman Miss V Anda

Salah satu persiapan yang wajib dilakukan sebelum mulai mengikuti lomba lari pada ukuran 100 meter adalah dengan melatih start Anda di awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *